Kuliah
1 "InteraksiManusiadanKomputer"
Pengertian IMK
Interaksiadalahkomunikasiantaraduaataulebihobjek yang salingmempengaruhisatusama lain.
InteraksiManusiadankomputermerupakankomunikasiduaarahantarapengguna (user) dengansistemkomputer yang salingmendukunguntukmencapaisuatutujuantertentu.
Interaksimanusiadankomputermerupakandisiplinilmu yang mempelajaridesain,evaluasi, implementasidarisistemkomputerinteraktifuntukdipakaiolehmanusia,besertastuditentangfaktor-faktorutamadalamlingkunganinteraksinya.”
(ACM SIGCHI,1992,p.6)
Tujuan IMK
Menghasilkansistem yang bermanfaat (usable), memilikimanfaatdanmudahdioperasikanoleh user.Fungsionalitas, fungsi-fungsi yang adadlmsistemygdibuatsesuaidenganperencanaan
Keamanan (safe), apakahsistemygkitadibuatmemilikitingkatpengamanan data atautidak.
EfeektifitasdanEfisiensi, berpengaruhpadaproduktifitaskerjadaripenggunanyadansistem yang dibuatharusberfungsidenganbaik.
RuangLingkup
RuangLingkup IMK meliputi3 komponen :
Manusia
Komputer
Interaksi
- Manusiamerupakanpengguna (user) yang memakaikomputer. User iniberbeda-bedadanmemilikikarakteristikmasing-masingsesuaidengankebutuhandankemampuannyadalammenggunakankomputer.
- Komputermerupakanperalatanelektronik yang meliputi hardware (perangkatkeras) dan software (perangkatlunak)
Prinsipkerjasistemkomputer
User memberiperintahpadakomputer&komputermencetak/menuliskantanggapanpadalayartampilan.
Komputerbekerjasesuaidenganinstruksiygdiberikanolehpengguna.
RuangLingkup IMK
Manusiadankomputerberinteraksilewatmasukan&keluaranmelaluiantarmuka
Fokus: perancangandanevaluasiantarmukapemakai (user interface).
Antarmukapemakaiadalahbagiansistemkomputer yang memungkinkanmanusiaberinteraksidengankomputer.
Manusia
------>AntarMukaPemakai ------>SistemKomputer
Antarmukakomputerhrs user friendly (ramahdenganpengguna) yaitu :
- antarmukaygbagus
- mudahdioperasikan
- mudahdipelajari
- penggunamerasasenangmenggunakan software tsb.
Antarmuka yang berkualitastinggiygdikagumioleh orang-orang, beredarluasdanseringditiru.
Suatuantarmuka/interface yang dibuatseharusnyatidakhanyadapatdilihat, disentuhataudidengar, tetapijugamencakupkonsep,kebutuhan user untukmengetahuisistemkomputer, danharusdibuatterintegrasikeseluruhsistem.
BidangStudiilmu Yang Berperan
TeknikElektronika/ IlmuKomputer, memberikankerangkakerjauntukdapatmerancangsistem HCI
Psikologi,memahamisifat&kebiasaan, persepsi&pengolahankognitif, ketrampilanmotorikpengguna
PerancanganGrafisdantipografi, sebuahgambardptbermaknasamadenganseribu kata. Gambardptdigunakansbg saranaygcukupefektifutk dialog antaramanusiadankomputer
Ergonomik, aspekfisikutkmendapatkanlingkungankerjaygnyaman. Misal: bentuk keyboard, mouse, posisiduduk,dll
Antropologi, utkmemahamicarakerjaberkelompokygmasing-masinganggotabekerjasesuaidgnbidangnya.
Linguistik, utkmelakukan dialog diperlukankomunikasiygmemadaimenggunakanbahasakhusus; spt: bahasagrafis, bahasa menu, bahasaperintah.
Sosiologi, studitentangpengaruhsistemmanusia-komputerdalamstruktursosial, misaladanya PHK karenaotomasikantor.
Rangkuman
Interaksimerupakankomunikasiantaraduaataulebihobjek
yang salingmempengaruhisatusama lain.
Interaksimanusiadankomputermerupakankomunikasiduaarahantarapengguna
(user) dengansistemkomputer yang
salingmendukunguntukmencapaisuatutujuantertentu.
Interaksimanusiadankomputermemilikitigakomponenyaitumanusia,
komputerdaninteraksi.
Manusiadan computer
berinteraksimelaluisuatutampilanantarmuka/interface
Bidangstudi / ilmu yang
berperandalaminteraksimanusiadankomputeryaituteknologielektronika,
ilmukomputer, psikologi, perancangangrafis, tipografi, ergonomik,
antropologi, linguistikdansosiologi.
DaftarPustaka
Santoso,Insap;
InteraksiManusiadanKomputer : TeoridanPraktek, Andi Offset, Yogyakarta, 2004.
Surbakti, Irfan; InteraksiManusia Dan Komputer, EdisiJurusanTeknikInformatika-ITS, 2006
Surbakti, Irfan; InteraksiManusia Dan Komputer, EdisiJurusanTeknikInformatika-ITS, 2006
No comments:
Post a Comment