Human Computer Interactions



Kuliah 1 "InteraksiManusiadanKomputer"

Pengertian IMK

Interaksiadalahkomunikasiantaraduaataulebihobjek yang salingmempengaruhisatusama lain.

InteraksiManusiadankomputermerupakankomunikasiduaarahantarapengguna (user) dengansistemkomputer yang salingmendukunguntukmencapaisuatutujuantertentu.
Interaksimanusiadankomputermerupakandisiplinilmu yang mempelajaridesain,evaluasi, implementasidarisistemkomputerinteraktifuntukdipakaiolehmanusia,besertastuditentangfaktor-faktorutamadalamlingkunganinteraksinya.”
(ACM SIGCHI,1992,p.6)

Tujuan IMK

Menghasilkansistem yang bermanfaat (usable), memilikimanfaatdanmudahdioperasikanoleh user.Fungsionalitas, fungsi-fungsi yang adadlmsistemygdibuatsesuaidenganperencanaan
Keamanan (safe), apakahsistemygkitadibuatmemilikitingkatpengamanan data atautidak.
EfeektifitasdanEfisiensi, berpengaruhpadaproduktifitaskerjadaripenggunanyadansistem yang dibuatharusberfungsidenganbaik.

RuangLingkup

RuangLingkup IMK meliputi3 komponen :
Manusia
Komputer
Interaksi

  • Manusiamerupakanpengguna (user) yang memakaikomputer. User iniberbeda-bedadanmemilikikarakteristikmasing-masingsesuaidengankebutuhandankemampuannyadalammenggunakankomputer. 
  • Komputermerupakanperalatanelektronik yang meliputi hardware (perangkatkeras) dan software (perangkatlunak)


Prinsipkerjasistemkomputer


User memberiperintahpadakomputer&komputermencetak/menuliskantanggapanpadalayartampilan.
Komputerbekerjasesuaidenganinstruksiygdiberikanolehpengguna.

RuangLingkup IMK


Manusiadankomputerberinteraksilewatmasukan&keluaranmelaluiantarmuka
Fokus: perancangandanevaluasiantarmukapemakai (user interface).
Antarmukapemakaiadalahbagiansistemkomputer yang memungkinkanmanusiaberinteraksidengankomputer.
Manusia ------>AntarMukaPemakai ------>SistemKomputer

Antarmukakomputerhrs user friendly (ramahdenganpengguna) yaitu :
            - antarmukaygbagus
            - mudahdioperasikan
            - mudahdipelajari
            - penggunamerasasenangmenggunakan software tsb.
Antarmuka yang berkualitastinggiygdikagumioleh orang-orang, beredarluasdanseringditiru.
Suatuantarmuka/interface yang dibuatseharusnyatidakhanyadapatdilihat, disentuhataudidengar, tetapijugamencakupkonsep,kebutuhan user untukmengetahuisistemkomputer, danharusdibuatterintegrasikeseluruhsistem.

BidangStudiilmu Yang Berperan 

TeknikElektronika/ IlmuKomputer, memberikankerangkakerjauntukdapatmerancangsistem HCI
Psikologi,memahamisifat&kebiasaan, persepsi&pengolahankognitif, ketrampilanmotorikpengguna
PerancanganGrafisdantipografi, sebuahgambardptbermaknasamadenganseribu kata. Gambardptdigunakansbg  saranaygcukupefektifutk dialog antaramanusiadankomputer
Ergonomik, aspekfisikutkmendapatkanlingkungankerjaygnyaman. Misal: bentuk keyboard, mouse, posisiduduk,dll

Antropologi, utkmemahamicarakerjaberkelompokygmasing-masinganggotabekerjasesuaidgnbidangnya.
Linguistik, utkmelakukan dialog diperlukankomunikasiygmemadaimenggunakanbahasakhusus; spt: bahasagrafis, bahasa menu, bahasaperintah.
Sosiologi, studitentangpengaruhsistemmanusia-komputerdalamstruktursosial, misaladanya PHK karenaotomasikantor.

Rangkuman 

Interaksimerupakankomunikasiantaraduaataulebihobjek yang salingmempengaruhisatusama lain.
Interaksimanusiadankomputermerupakankomunikasiduaarahantarapengguna (user) dengansistemkomputer yang salingmendukunguntukmencapaisuatutujuantertentu.
Interaksimanusiadankomputermemilikitigakomponenyaitumanusia, komputerdaninteraksi.
Manusiadan computer berinteraksimelaluisuatutampilanantarmuka/interface
Bidangstudi / ilmu yang berperandalaminteraksimanusiadankomputeryaituteknologielektronika, ilmukomputer, psikologi, perancangangrafis, tipografi, ergonomik,  antropologi, linguistikdansosiologi.

DaftarPustaka 

Santoso,Insap; InteraksiManusiadanKomputer : TeoridanPraktek, Andi Offset, Yogyakarta, 2004.
Surbakti, Irfan; InteraksiManusia Dan Komputer, EdisiJurusanTeknikInformatika-ITS, 2006




No comments:

Post a Comment